Penggunaan Whatsapp dan Youtube dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.58230/josse.v1i2.120Keywords:
Pembelajaran Matematika, WhatsApp, YoutubeAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi whatsapp dan youtube dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, yakni meriew tulisan atau jurnal – jurnal yang relevan dengan judul penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa dokumen jurnal hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Whatsapp dan youtube berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan aplikasi Whatsapp dan Youtube sebagai alat bantu dalam pembelajaran di era teknologi saat ini, untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran matematika pada saat pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dinilai efektif karena pengunaan aplikasi ini yang mudah serta fitur-fiturnya yang mendukung, penggunakan video pembelajaran yang ada di aplikasi youtube, dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dibandingan kelas yang menggunakan media pembelajaran papan tulis. penggunaan whatsapp dan youtube juga memiliki efek positif dan dampak negatif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Downloads
References
A. Rasul, Subhanudin, & Habibi Sutirta. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Youtube Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Pada Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Mimika. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Arnidha, Y., & Alkah, T. (2022). Aplikasi Whatsapp dalam Membantu Pemecahan Soal HOTS di Masa Pandemi Covid-19. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58351
Harahap, M. S., & Nasution, S. R. A. (2019). Penerapan Flipped Classrom Berbasis Youtube Di Prodi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Education And Development. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1023
LUSIANA, V. (2022). Best Practice Penggunaan Youtube, Google Forms Dan Lifeworksheets Sebagai Media Penilaian Matematika Peminatan. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.1030
Murni, D., Jamna, J., Handican, R., & Solfema, S. (2023). Pemanfaatan Smartphone dalam Pembelajaran Matematika : Bagaimana Persepsi Mahasiswa? Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 590–603. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2153
Muthmainnah, M., Mansur, H., & Chamidah, N. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(September), 812–817.
Nazar, N. F., & Yuniati, Y. (2022). Efektivitas Komunikasi melalui ‘Whatsapp’ pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bandung Conference Series: Journalism, 2(2), 57–63. https://doi.org/10.29313/bcsj.v2i2.3960
Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2019). The Effect of Youtube Video Media On Mathematical Learning Achievements In Tenth Grade Students SMK Negeri 2 Sukoharjo 2017/2018 Academic Year. Jurnal Pendidikan.
Panggayudi, D. S., Suweleh, W., & Ihsan, P. (2017). Media Game Edukasi Berbasis Budaya untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan pada Anak Usia Dini. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. https://doi.org/10.30651/must.v2i2.883
Parinata, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Dan Facebook Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1061
Rahayu, D. S., Rahmi, D., Kurniati, A., & Yuniati, S. (2024). Jurnal Didactical Mathematics Systematic Literatur Review : Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JURNAL Didactical Mathematics, 6(April), 20–29.
Rahma Amadea Septiani, & Abadi, A. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika. Didactical Mathematics. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2156
Sayidiman, S., Hermuttaqien, B. P. F., & Febrianti, F. (2022). Whatsapp sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.34329
Stefanus, S. (2022). Praktik Baik Penggunaan Google Classroom dan Video Pembelajaran Youtube sebagai Media Pembelajaran Matematika saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SMPN 51 Jakarta. NUCLEUS. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i2.984
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Useche, A. C., Galvis, Á. H., Díaz-Barriga Arceo, F., Patiño Rivera, A. E., & Muñoz-Reyes, C. (2022). Reflexive pedagogy at the heart of educational digital transformation in Latin American higher education institutions. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1). https://doi.org/10.1186/s41239-022-00365-3
Wardani, P., Hidayati, N., & Tri Andini, R. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Sma Utama. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(1). https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.751
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurwahida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JUDIKDAS agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.