Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Strategi Reading Guide pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.58230/josse.v1i2.119Keywords:
Keterampilan Membaca, Membaca Permulaan, Reading GuideAbstract
Mengandalkan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran dapat membuat pengalaman belajar menjadi monoton bagi siswa, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan penurunan kemampuan membaca permulaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui strategi reading guide pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Kalukuang IV. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 sampai 4 pertemuan dan setiap pertemuan terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 17 siswa kelas I. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan tes. Aalisis data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi reading guide dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Kalukuang IV dari segi proses maupun hasil pembelajaran keterampilan membaca permulaan. Peningkatan hasil ditunjukkan dari pencapaian nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa pada pra siklus awalnya sebesar 63,06, lalu meningkat pada siklus I menjadi 70,41, dan di siklus II nilai yang diperoleh sebesar 79,24 yang berarti telah memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu >75. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pra siklus sebesar 29% menjadi 53% pada siklus I dan di siklus II mengalami kenaikan yang signifikan dengan persentase 82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi reading guide dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar.
Downloads
References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditaman.
Aeni, I. N., & Marzuki, I. (2023). Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 141–147. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4546
Aisyah, S., Yarmi, G., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393
Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2019). Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 181. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086
Arozaq, M., Aman, & Sunarhadi, M. A. (2017). Implementation of Reading Guide Strategy in Global Climate Change Material for Enhancement of Student Learning Outcome. International Journal of Active Learning, 2(2), 82–89. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal%0AImplementation
Aulia, M., Adnan, Yamin, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Hilda Hadiana, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73
Iswardhani, A. K. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Terbimbing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(16), 1527–1534. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15197
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book: Doing Critical Participatory Action Research. In Springer Science+Bussiness Media Singapore. Springer. http://dx.doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2_5
Kusmayanti, S. (2019). Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 222–227. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.832
Manshur, A., Aziz, S., & Qomariyah, N. (2022). Pengaruh Strategi Reading Guide terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 261–268. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1425 DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1425
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429 DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
Rahman, A. F. (2018). Peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode membaca terbimbing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(18), 1744–1751. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11591/11138
Susilawati. (2023). Penerapan Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 13–25. https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/674/356
Utomo, F. B. B. (2018). Developing illustrated story books to improve beginning reading skills and learning motivation. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 118–128. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.16456 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.16456
Wahyuningsih, A., & Kiswaga, G. E. (2019). The effectiveness of CIRC learning model and PQ4R learning model on reading comprehension skills of elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 82–93. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.9701 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.9701
Zuhari, A. E., Djumhana, N., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Metode Guide Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 11–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arika Rifdha Aqilah, Aco Karumpa, Nur Khadijah Razak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JUDIKDAS agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.