Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Strategi Reading Guide pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Arika Rifdha Aqilah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aco Karumpa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Khadijah Razak Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58230/josse.v1i2.119

Keywords:

Keterampilan Membaca, Membaca Permulaan, Reading Guide

Abstract

Mengandalkan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran dapat membuat pengalaman belajar menjadi monoton bagi siswa, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan penurunan kemampuan membaca permulaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui strategi reading guide pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Kalukuang IV. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 sampai 4 pertemuan dan setiap pertemuan terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 17 siswa kelas I. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan tes. Aalisis data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi reading guide dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Kalukuang IV dari segi proses maupun hasil pembelajaran keterampilan membaca permulaan. Peningkatan hasil ditunjukkan dari pencapaian nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa pada pra siklus awalnya sebesar 63,06, lalu meningkat pada siklus I menjadi 70,41, dan di siklus II nilai yang diperoleh sebesar 79,24 yang berarti telah memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu >75. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pra siklus sebesar 29% menjadi 53% pada siklus I dan di siklus II mengalami kenaikan yang signifikan dengan persentase 82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi reading guide dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditaman.

Aeni, I. N., & Marzuki, I. (2023). Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 141–147. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4546

Aisyah, S., Yarmi, G., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393

Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2019). Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 181. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086

Arozaq, M., Aman, & Sunarhadi, M. A. (2017). Implementation of Reading Guide Strategy in Global Climate Change Material for Enhancement of Student Learning Outcome. International Journal of Active Learning, 2(2), 82–89. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal%0AImplementation

Aulia, M., Adnan, Yamin, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Hilda Hadiana, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73

Iswardhani, A. K. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Terbimbing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(16), 1527–1534. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15197

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book: Doing Critical Participatory Action Research. In Springer Science+Bussiness Media Singapore. Springer. http://dx.doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2_5

Kusmayanti, S. (2019). Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 222–227. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.832

Manshur, A., Aziz, S., & Qomariyah, N. (2022). Pengaruh Strategi Reading Guide terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 261–268. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1425 DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1425

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429 DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Rahman, A. F. (2018). Peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode membaca terbimbing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(18), 1744–1751. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11591/11138

Susilawati. (2023). Penerapan Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 13–25. https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/674/356

Utomo, F. B. B. (2018). Developing illustrated story books to improve beginning reading skills and learning motivation. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 118–128. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.16456 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.16456

Wahyuningsih, A., & Kiswaga, G. E. (2019). The effectiveness of CIRC learning model and PQ4R learning model on reading comprehension skills of elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 82–93. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.9701 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.9701

Zuhari, A. E., Djumhana, N., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Metode Guide Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 11–21.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Aqilah, A. R., Karumpa, A., & Razak, N. K. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Strategi Reading Guide pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Journal of Social and Scientific Education, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.58230/josse.v1i2.119

Issue

Section

Articles