Kepraktisan LKPD pada Materi Pencernaan Manusia Berbasis Pembelajaran Interaktif Guru dan Siswa

Authors

  • Nur Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Hisbullah Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Praktikalitas, LKPD, Interaktif

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kepraktisan LKPD pada Materi Pencernaan Manusia Berbasis Pembelajaran Interaktif untuk Guru dan Peserta Didik Kelas V MIS Kaduaja Tana Toraja. Penelitian ini melibatkan 15 orang peserta didik dan wali kelas V. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis pembelajaran interaktif dengan spesifikasi yaitu memilih tema yang relevan dengan materi pencernaan manusia. Berdasarkan uji praktikalitas yang dilakukan, LKPD berbasis pembelajaran interaktif termasuk dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil wawancara guru diperoleh persepsi yang baik mengenai penggunaan LKPD berbasis pembelajaran interaktif guru dan peserta didik serta angket peserta didik yang memperoleh skor 75,2% dengan kategori praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizon, R., & Dewi, W. S. (2019). Kepraktisan bahan ajar statistika pendidikan fisika bermuatan model cooperative problem solving. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 26-33.

Alwi, Z., Ernalida, & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Saintifik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(1), 10-21. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312.

Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337-1346.

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan media pembelajaran komik matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91-100.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11.

Kumalasani, Maharani Putri. "Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD." Universitas Muhammadiyah Malang, (2018).

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.

Mahdalia, Karina, ‘Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Multiple Intelligences Approach (MIA) pada Siswa Kelas V SD Negeri Kampung Bulak II’, Repository.Uinjkt.Ac.Id, 2020 <http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54505%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54505/1/11150183000040_Karina Mahdalia.pdf>

Mughiroh, H., & Rais, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan PMR Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Merangin. Mat-Edukasia, 2(1), 16-24.

Pakpahan, Marline, ‘Penggunaan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Mengolah Kue Indonesia’, 5.1 (2022), 179–88.

Purnamasari, Anggun, Karoma, K., Bukhori, K. A., & Sairi, A. P. (2020). Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Fisika SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 4(1), 6-15. https://doi.org/10.19109/jifp.v4i1.5568

Putri, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi guru sekolah dasar jakarta utara dan kepulauan seribu tentang kurikulum merdeka. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 28-33.

Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian teoritis pengembangan bahan ajar bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127-144.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Zulkifli, Z., & Royes, N. (2017). Profesionalisme guru dalam mengembangkan materi ajar bahasa arab di MIN 1 Palembang. Jip (Jurnal Ilmiah Pgmi), 3(2), 120-133.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Nur Wahyudi, & Hisbullah. (2024). Kepraktisan LKPD pada Materi Pencernaan Manusia Berbasis Pembelajaran Interaktif Guru dan Siswa . Journal of Mathematics, Science Education, and Research, 1(1), 23–36. Retrieved from https://ssed.or.id/journal/jmser/article/view/72

Issue

Section

Articles