Kemampuan Kompetensi Profesional Mahasiswa PPG Prajabatan dalam Melaksanakan Praktik Mengajar PPkn di SMA N 05 Semarang

  • Cipto Prasetyo Universitas PGRI Semarang
  • Supriyono Purwosaputro Universitas PGRI Semarang
Keywords: kompetensi profesional, PPG Prajabatan, Praktik Mengajar PPkn

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana kemampuan kompetensi Profesional Mahasiswa PPG Prajabatan dalam Melaksanakan Praktik Mengajar PPkn di SMA N 05 Semarang jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek 3 mahasiswa. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis untuk mengetahui bagaimana kemampuan kompetensi profesional Mahasiswa PPG Prajabatan dalam proses pembelajaran PPKn menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Mahasiswa PPG Prajabatan dalam Melaksanakan Praktik Mengajar PPkn di SMA N 05 Semarang terdapat beberapa kompetensi profesional yang telah dilaksanakan yaitu pada aspek silabus, bahan ajar pembelajaran serta pendekatan pembelajaran Menguasai materi, struktur, pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran, Mengembangkan materi pembelajaran mata pelajaran yang diampu secara kreatif, Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adrian, Yudha & Agustina, R.L / LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 14 No.2 (Juli – Desember 2019 Edisi Dies Natalis XXXIV) 175 - 181.

Ambarwati. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Pati: Al Qalam Media Lestari. Cet.1

Aminah, S. (2018). Pentingnya Mengembangkan Ketrampilan Mendengarkan Efektif dalam Konseling. Jurnal EDUCATIO : Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 108–114.

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. 2019. Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Jurnal Aspirasi, 10 (1), 1–17. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v10i1.1229

Depdiknas. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Fauziah, Indah. 2021. Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik. OSF Preprints. Hal 1-8

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230502105153-32-944172/nadiem-klaim-pendidikan-di-ri-alami-perubahan-besar-3-tahun-terakhir

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 26 februari 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kemampuan

Lestari, Fuji. 2020. Kompetensi Profesional Guru Man 19 Jakata. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia. Hal 1- 438

Oemar Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Unik Hanifah Salsabila dkk., “Upaya dalam Memajukan Teknologi Pendidikan Indonesia,” NUSANTARA 3, no. 3 (2021): 442–58

Unesco. 2011. Unesco ICT Competency Framework For Teachers. https://iite.unesco.org/pics/publications/en/files/3214694.pdf

UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Saptono, A. 2017. Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 89 Jakarta. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 14 (1), 105– 112. https://doi.org/10.21009/econosains.0141.08

Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Suroto. 2014. Kebijakan Pembangunan Pendidikannasional Indonesia Dan Kendala Yangdihadapi Sebagai Upaya Perbaikan Dalam Rangka Mempersiapkan Warga Negara Muda Yang Baik dan Cerdas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 4, Nomor 7

Published
29-02-2024
How to Cite
Prasetyo, C., & Purwosaputro, S. (2024). Kemampuan Kompetensi Profesional Mahasiswa PPG Prajabatan dalam Melaksanakan Praktik Mengajar PPkn di SMA N 05 Semarang. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1201-1210. https://doi.org/10.58230/27454312.581