Evaluasi Program Mangaji Tudang (Halaqah) terhadap Kualitas Hafalan Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Mir'atul Mujahid Kampung Bajo melalui Model CIPP

  • Rizki Ayu Amaliah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Nur Akbar Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Evaluasi Program, Mangaji Tudang, Hafalan, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi program mangaji tudang Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Mir'atul Mujahid Kampung Bajo dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini melibatkan pimpinan, ustaz dan ustazah, pembina dan santri-santriwati PPTQ Mir'atul Mujahid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari context, program mangaji tudang yang diterapkan telah sejalan dengan visi dari pondok pesantren. Ditinjau dari input, seperti sumber daya (ustaz dan ustazah) memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya, serta sarana dan prasarana sangat mendukung dan memadai untuk berjalannya program ini. Ditinjau dari segi process, pelaksanaan program mangaji tudang ini dilakukan melalui beberapa tahap dengan waktu yang telah ditentukan. Tahap product didapati bahwa kualitas hafalan santri dan santriwati bertambah jika mereka secara konsisten dan fokus ketika mengikuti program mangaji tudang.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdul Mujib, Subhan M, Mushoffa Basyir, M. Nasir, & M. Hasani Azra. (2006). Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Perkembangan Pesantren. Diva Pustaka.

Abu al-Husain Ahmad bin al-Faris bin Zakariyya. (1399). Mu’jam Maqayis al-Lugah. Dar al-Fikr.

Ahmad Kamal, Kamaluddin Abunawas, & A. Marjuni. (2019). Pelaksanaan Pengajian Halaqah dalam Pemahaman Keagamaan pada Ma’had Aly Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Kabupaten Wajo. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 17(2).

Ali Ridho, Kusaeri, Nasaruddin, & Fathur Rohman. (2020). EVALUASI PROGRAM GERAKAN FURUDHUL AINIYAH (GEFA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KIRKPATRICK. IKROTUNA; Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(2).

Amiruddin. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentatif Melalui Model Halaqah. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1).

Azyumardi Azra. (1995). Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara. Mizan.

Bisyri Abdul Karim. (2020). Strategi Pembelajaran Kitab Kuning: Transformasi Penguatan Sistem Subkultur Pondok Pesantren Indonesia . LPP UNISMUH.

Daniel L. Stuffebeam, & Antony J. Shinkfield. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.

Dewa Gede Hendra Divayana. (2017). EVALUASI PEMANFAATAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MODEL CSE-UCLA. Cakrawala Pendidikan, XXXVI(2).

Endang Multyaningsih. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan . Alfabeta.

Fa’uzobih, & Yetti Supriyanti. (2021). Evaluasi Dampak Program Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiwi (Sebuah Pendekatan Kualitatif dengan Menggunakan Disscrepancy Model). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Hamsir, Muhammad Alwi HS, & Iin Parnisih dan Khojir. (2023). Mangaji Tudang: AGH. As’ad al-Bugisi’s Learning Method in Strengthening Wasathiyah Islam Based on Pesantren in Eastern Indonesia. Raushan Fikr, 12(2).

Handari Nabawi. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada Press.

Hasan Alwi. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Lisa Yunita, Junaidi, Yefi Dewi, & Supratman Zakir. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Kitab Kuning dengan Model CIPP di Pondok Pesantren Yati Kampung Baru Nagari Kamang Mudik Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5).

Muyasaroh, & Sutrisno. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi CIPP Pada Program Pembelajaran Tahfiz al-Qur’an di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2).

Riski Ayu Amaliah, Bahaking Rama, & Muhammad Yahdi. (2023). Lembaga Pendidikan Pesantren di Indonesia", Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 18(2).

Rusydi Ananda, & Tien Rafida. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan . Perdana Publishing .

S. Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Belajar.

Slameto. (2020). Model, Program, Evaluasi Beserta Tren Supervisi Pendidikan . Qiara Media.

Surya Maulana, Bambang Supriyono, & Hermawan. (2013). Evaluasi Penyediaan Layanan Kesehatan di daerah Pemekaran dengan Model CIPP (Studi Pada Pemerintah Daerag Kabupaten Tana Tidung). Jurnal Wacana, 16(14).

Suwito. (2005). Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Kencana.

Syamsuri, & Andini Nur Adiva Yamin. (2023). Pengaruh Metode Mangaji Tudang dalam Peningkatan Pengetahuan Membaca Kitab Kuning Peserta Didik di MAS As’adiyah Putri Pusat Sengkang. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1).

Taufiq Rohman. (2020). KONSEP EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL LITERASIOLOGI, 3(3).

Tim Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. (2004). Profil Pondok Pesantren Mu’ādalah. Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Departemen Agama.

Published
25-05-2024
How to Cite
Rizki Ayu Amaliah, Sitti Mania, & Muhammad Nur Akbar Rasyid. (2024). Evaluasi Program Mangaji Tudang (Halaqah) terhadap Kualitas Hafalan Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mir’atul Mujahid Kampung Bajo melalui Model CIPP. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2515-2526. https://doi.org/10.58230/27454312.498